Panel Beton

Pagar Panel Beton Banten

Kamis

Pemasangan Batu Bronjong Penahan Tanah


Pekerjaan Pemasangan Batu Bronjong

Pekerjaan Pemasangan Batu Bronjong sebagai penguatan tebing dan penahan tanah dari Longsor dan pergeseran lahan.

Info Pemasangan Batu Bronjong Silahkan Kontak : 0852-1243-9044


Proses Pemasangan Batu Bronjong

Bronjong  atau kawat bronjong adalah anyaman kawat baja yang dilapisi dengan seng atau galvanis. Anyaman kawat baja ini membentuk sebuah kotak atau balok. Pada bagian dalam Bronjong diisi dengan batu-batu berukuran besar untuk mencegah erosi. 

Bronjong ini biasa dipasang pada area tebing atau tepi sungai yang menjalani pekerjaan normalisasi serta untuk mengatasi gerusan akibat arus sungai. Karena kekuatan kawat baja ini cukup tinggi, maka untuk menganyam dan membentuknya membutuhkan tenaga mesin.

Kawat Anyaman Bronjong

Anyaman kawat baja ini dibuat dengan teknik lilitan ganda yang membentuk lubang-lubang berbentuk segi enam. Anyaman ini diikat secara kuat di antara sisi-sisinya sehingga tidak mudah terurai. Ikatan anyaman inilah yang membuat bronjong mampu menahan tanah sehingga tidak terjadi longsor atau erosi. Kawat yang digunakan berbahan baja berlapis galvanis sehingga kawat tidak mudah berkarat.

Fungsi Batu Bronjong


Fungsi bronjong di antaranya adalah melindungi dan memperkuat struktur tanah di sekitar tebing agar tidak terjadi longsor, tepi sungai, dan tepi tanggul. Bronjong juga bisa digunakan sebagai pembentuk bendungan untuk meningkatkan volume air sungai.

Batu Bronjong Aliran Sungai

Bagian tepi sungai bisa mengalami erosi akibat arus sungai yang deras dan terus-menerus terjadi. Di sini, bronjong akan berfungsi sebagai penjaga area tepi sungai dari arus sungai sehingga bantaran sungai tidak akan mudah hancur.



0 komentar:

Posting Komentar